February 15, 2010

bacaan Januari

telat uploadnya :)

Moonlight Waltz - Fenny Wong
Teenlit. Yaaa... ceritanya kaya tinlit lain-lainnya gitu deh, cewek yang suka sama cowok, trus cowoknya suka sama cewek lain. Yang bikin beda karena si tokoh utamanya seorang pianis, jadi banyaklah istilah-istilah soal musik klasik yang saya juga ngga ngerti :p

Gadis Ketiga - Agatha Christie
Sejujurnya *halah* kalo novel Agatha Christie saya lebih suka yang Miss Marple daripada Poirot. Padahal pengarangnya sama aja sih, entah kenapa kalau Mr. Poirot kayanya lebih berat aja gitu. Nah yang ini kasusnya Mr.Poirot. Belum apa-apa udah datang seorang gadis yang mengaku telah melakukan pembunuhan. Tapi kemudian si gadis ini menghilang. Bingung kan, pembunuhannya di mana, kapan, dan siapa korbannya? Seperti kebanyakan seri Agatha Christie, yang ini juga saya ngga bisa nebak akhirnya.

Panduan Pintar Kehamilan Untuk Muslimah - Yazid & Deri
Hahaha... got me! Satu-satunya bacaan bulan ini yang nonfiksi. Perkembangan kehamilan minggu per minggu dibahas di sini. Ada juga aturan menu untuk ibu hamil (secara yang nulis sarjana gizi). Recommended for yang lagi hamil dan berencana hamil :)

Anne of Windy Poplar - Lucy M. Montgomery
Seri keempat Anne of Green Gables. Kisah tentang Anne yang sudah jadi kepala sekolah dan kehidupannya di Green Gables. Buat yang suka novel klasik, yang ini keren!

Interpreter of Maladies (Penerjemah Luka) - Jhumpa Lahiri
Kumcer tentang orang-orang India, kebanyakan yang jadi urban di Amerika. Saya paling suka cerita tentang satu keluarga yang bersahabat dengan pria asal Dacca, saat itu terjadi perang saudara di Pakistan yang kemudian berlanjut dengan pemisahan Pakistan dari India.

Palace of Illusions (Istana Khayalan) - Chitra Banerjee Divakaruni
 
Kisah Mahabharata dari sudut pandang Drupadi (atau Dropadi dalam buku ini). Sebelumnya saya cuma tahu Drupadi terkenal dengan momen saat dirinya dipermalukan oleh Kurawa karena suami-suaminya kalah judi, kemudian Drupadi bersumpah tak akan menyanggul rambutnya  sebelum dicuci dengan darah para Kurawa. Ternyata masih banyak yang lain tentang Drupadi. Bagaimana dia lahir dari api, persahabatannya dengan Krishna, juga cinta matinya yang ternyata bukan salah satu dari kelima suaminya (!)
Membaca buku ini jadi ingat masa belasan tahun yang lalu, tiap Sabtu pulang sekolah pasti lari-larian biar bisa nonton Mahabharata di TPI :)

57 Detik - Ken Terate
Teenlit lagi. Tapi kalo Ken Terate saya suka, tidak melulu soal hubungan cewek-cowok. Lagipula pasti settingnya di Jogja :) Malahan novel ini tentang gempa Jogja 27 Mei 2006. Hanya berdurasi 57 detik, tapi akibatnya luar biasa. Mengharukan.

See? Bacaan saya novel semua, hahaha..... Salah jurusan...salah jurusan...