December 30, 2010

Mengapa Pakai Clodi?

Sebenarnya dalam keluarga besar saya (maksudnya tante-tante dari pihak mama-bapak) tidak ada ceritanya bayi dipakein diaper. Kesannya ibunya malas gantiin celana gitu. Paling kalau bayi-nya mau dibawa keluar rumah baru dikasi diaper. Begitu juga waktu Ziyad lahir, jauh-jauh hari saya udah nyiapin popok tali (2 lusin!) dan dapat ‘bantuan’ celana panjang sekian banyak dari tante saya. Sebenarnya sempat mau bikin popok tali sendiri, pas browsing nyari pola, ketemulah ini . Tapi waktu itu saya pikir, ini apaan sih? Mana bahannya sulit didapat lagi.
Jadi begitulah, hari2 pertama punya bayi, urusan pipis dan pup ini yang paling ribet, sehari sampai nyuci 2-3 kali, takut kehabisan popok. Pas tali pusat puput, popok tali pun pensiun, digantikan celana pop (yang modelnya seperti kacamata itu). Urusan cuci-mencuci tetap sama jadwalnya :(
Nah, dekat-dekat cuti saya habis, mulai mikir pakein diaper kalau pagi. Kan lucu saja, sudah pakaean lengkap, eh, tiba-tiba dipipisin. Mulailah beberapa hari sebelum ngantor, Ziyad ‘dilatih’ pake diaper (yang sekali pake)à untuk selanjutnya disebut pospak (popok sekali pakai).  Alhamdulillah waktu aqiqahan banyak yang kasi pospak jadi gak perlu beli (hehehe… emak2 penuh perhitungan).
Tapi kemudian saya berpikir, ini sampai kapan? Pospak lama2 juga mulai berkurang persediaannya. Jadi ingat dengan model popok yang dulu pernah dapat di internet. Eh, pas nyari-nyari lagi, malah ternyata udah banyak yang dijual online, salah satunya di sini . Rupanya namanya clodi (cloth diaper), popok kain modern. Bahannya kain juga (jadi bisa dicuci), cuma ada lapisannya macem-macem jadi pipisnya nggak langsung rembes ke mana-mana. Jadi ceritanya seperti pake pospak, ngga ribet gonta-ganti celana tiap kali pipis (gantinya paling 3-4 jam), tapi nggak boros karena bisa dicuci dan dipake berulang-ulang. Sampai dibahas di forum ibu-ibu pula, cuma jiper aja baca review –nya, secara yang dibahas clodi impor yang harganya ratusan ribu :p.
Akhirnya coba-coba pesan clodi buatan dalam negeri. Pas clodinya tiba, oh…. begini toh yang namanya popok kain modern. Jadi resmilah Ziyad pakai clodi umur 3 bulan kurang sekian hari. Enak banget ternyata, hehehe… Bersih, nggak perlu takut kena ompol. Dan emak-nya pun keenakan, awalnya cuma pakai clodi kalau pagi, kemudian tidur malam juga :)
Saya tidak perlu membandingkan segi ekonomis, browse sendiri-lah, banyakkk… apalagi efek samping penggunaan pospak, sudah banyak dibahas. Saya cuma mau bilang, pake clodi itu murah, sehat, dan nggak ribet.

No comments:

Post a Comment